Dalam
memasarkan produk baru dibutuhkan sesuatu yang dapat memperkenalkan produk
tersebut kepada masyarakat. Promosi merupakan alat yang tepat untuk
memperkenalkan suatu produk. Promosi adalah aktivitas-aktivitas sebuah
perusahaan yang dilakukan untuk memberikan informasi, mengajak atau
mengingatkan konsumen untuk membeli suatu produk (Kotler & Keller, 2008). Promosi terdiri
dari : Manajemen Periklanan (Advertising) yaitu suatu bentuk komunikasi yang
digunakan untuk memperkenalkan suatu produk melalui media massa yang dilakukan
oleh perusahaan. Promosi Penjualan (Sales Promotion) yaitu alat promosi yang
menawarkan insentif untuk membeli suatu produk. Contohnya seperti kupon
berhadiah, potongan harga, garansi, demonstrasi dan alat peraga. Tenaga Penjual
(Personal Selling) adalah bentuk promosi secara langsung antara perusahaan
dengan konsumen. Relasi Publik (Public Relation) adalah kegiatan komunikasi
untuk membangun dan mempertahankan citra yang baik terhadap perusahaan.
Pemasaran Langsung (Direct Marketing) adalah bentuk penjualan secara langsung
yang ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen (Budiarto,
1993).
Tujuan
dari promosi diantaranya adalah menyebarkan informasi produk kepada masyarakat,
menaikan angka penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, menjaga kestabilan
penjualan, mendapatkan pelanggan baru dengan tetap mempertahankan pelanggan
lama, membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan. Di
kehidupan sehari-hari mulai dari penjual ayam, penjual makanan, penjual
pakaian, factory outlet, department store sering memberikan promo kepada
konsumen untuk mendapatkan loyalitas konsumen.
Jenis
kegiatan yang sering terjadi yaitu mempromosikan barang produksi melalui
plakat-plakat yang diletakan di toko, brosur-brosur yang berisikan informasi
berupa tulisan mengenai produk yang ditawarkan, papan nama yang banyak di
jumpai untuk menarik perhatian orang yang melihat dan membacanya. Mempromosikan
barang produksi dengan cara memberikan potongan harga, memberikan sample produk
kepada konsumen, atau dengan membuat pameran produk yang dilakukan pada suatu
perayaan.
Beberapa
contoh promosi dalam kegiatan sehari-hari seperti kirim 5 sms dapat bonus 100
sms ke sesama operator, beli 2 gratis 1, diskon 50% untuk produk pakaian tertentu, membeli 1 unit rumah mendapatkan
bonus 1 unit ipad mini. Di zaman sekarang banyak promosi yang ditawarkan dari
suatu produk, tetapi jangan terlalu
terpengaruh dengan adanya promosi seperti yang telah disebutkan tadi. Banyak
promosi-promosi yang menjanjikan sesuatu dengan banyaknya persyaratan yang
harus dipenuhi.
Daftar Pustaka :
Budiarto, T. (1993). Dasar Pemasaran. Depok:
Universitas Gunadarma.
Kotler, P., &
Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar