Minggu, 23 Maret 2014

Pentingnya Promosi dalam Penjualan



Dalam memasarkan produk baru dibutuhkan sesuatu yang dapat memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat. Promosi merupakan alat yang tepat untuk memperkenalkan suatu produk. Promosi adalah aktivitas-aktivitas sebuah perusahaan yang dilakukan untuk memberikan informasi, mengajak atau mengingatkan konsumen untuk membeli suatu produk (Kotler & Keller, 2008). Promosi terdiri dari : Manajemen Periklanan (Advertising) yaitu suatu bentuk komunikasi yang digunakan untuk memperkenalkan suatu produk melalui media massa yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi Penjualan (Sales Promotion) yaitu alat promosi yang menawarkan insentif untuk membeli suatu produk. Contohnya seperti kupon berhadiah, potongan harga, garansi, demonstrasi dan alat peraga. Tenaga Penjual (Personal Selling) adalah bentuk promosi secara langsung antara perusahaan dengan konsumen. Relasi Publik (Public Relation) adalah kegiatan komunikasi untuk membangun dan mempertahankan citra yang baik terhadap perusahaan. Pemasaran Langsung (Direct Marketing) adalah bentuk penjualan secara langsung yang ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen (Budiarto, 1993).
Tujuan dari promosi diantaranya adalah menyebarkan informasi produk kepada masyarakat, menaikan angka penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, menjaga kestabilan penjualan, mendapatkan pelanggan baru dengan tetap mempertahankan pelanggan lama, membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan. Di kehidupan sehari-hari mulai dari penjual ayam, penjual makanan, penjual pakaian, factory outlet, department store sering memberikan promo kepada konsumen untuk mendapatkan loyalitas konsumen.
Jenis kegiatan yang sering terjadi yaitu mempromosikan barang produksi melalui plakat-plakat yang diletakan di toko, brosur-brosur yang berisikan informasi berupa tulisan mengenai produk yang ditawarkan, papan nama yang banyak di jumpai untuk menarik perhatian orang yang melihat dan membacanya. Mempromosikan barang produksi dengan cara memberikan potongan harga, memberikan sample produk kepada konsumen, atau dengan membuat pameran produk yang dilakukan pada suatu perayaan.
Beberapa contoh promosi dalam kegiatan sehari-hari seperti kirim 5 sms dapat bonus 100 sms ke sesama operator, beli 2 gratis 1, diskon 50% untuk produk pakaian  tertentu, membeli 1 unit rumah mendapatkan bonus 1 unit ipad mini. Di zaman sekarang banyak promosi yang ditawarkan dari suatu produk, tetapi jangan  terlalu terpengaruh dengan adanya promosi seperti yang telah disebutkan tadi. Banyak promosi-promosi yang menjanjikan sesuatu dengan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi.


Daftar Pustaka :
Budiarto, T. (1993). Dasar Pemasaran. Depok: Universitas Gunadarma.
Kotler, P., & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.